Labels

Followers

Rabu, 02 November 2011

Teh Hijau Berkhasiat untuk Mata

SATU lagi temuan baru terkait manfaat teh hijau. Tidak hanya bisa mencegah terjadinya serangan jantung koroner, stroke, diabetes, darah tinggi, dan kanker hati. Teh hijau juga bisa melindungi mata.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan Hongkong, kandungan di dalam teh hijau ini dapat masuk ke jaringan mata dan melindungi mata dari ancaman gaukoma serta penyakit mata lainnya.

Tim peneliti menganalisis jaringan mata dari beberapa ekor tikus percobaan yang diberi minum teh hijau. Setelah minum teh hijau, tim peneliti mendapati lensa mata, retina dan jaringan lain menyerap katekin teh hijau dalam jumlah besar.

Katekin adalah salah satu turunan dari polifenol yang memiliki khasiat antioksidan yang tinggi. Katekin dalam teh hijau ini diyakini dapat memberikan perlindungan terhadap mata. Katekin ini termasuk vitamin C, vitamin E, lutein dan zeaxanthin. Aksi katekin teh hijau dalam mengurangi stres oksidatif berbahaya dalam mata mampu bertahan hingga 20 jam lamanya. 

"Temuan kami ini mengindikasikan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat memberikan manfaat pada mata dalam melawan stres oksidatif," tulis Chi Pui Pang, peneliti di divisi ophthalmologi dan sains visual di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong Eye Hospital.

Hasil studi yang digarap Chi bersama rekan-rekannya ini dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Sebelum studi ini dilakukan, belum diketahui bahwa katekin dalam teh hijau dapat masuk ke jaringan mata melalui sistem pencernaan.

0 komentar

Posting Komentar